Struktur Artikel yang Benar Menurut Ahli


Struktur Artikel

Bambang Rahino Setokoesoemo (2002: 92-95) menyampaikan bahwa artikel memiliki empat struktur bangunan utama. Adapun struktur artikel yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

1. Pembuka atau Kepala

Pembuka adalah alinea pertama pada artikel. Adapun pembuka ini terdiri atas prolog, lead, intro, atau yang umumnya disebut dengan pembuka.

Bagian kepala biasanya berisi uraian aktual yang penting untuk dijadikan pijakan pada pembahasan artikel berikutnya, seperti peristiwa, pernyataan, rangkaian kejadian, kutipan kata bernyali dan sebagainya.

2. Leher

Pada bagian leher, biasanya selalu disambungkan dengan isi materi yang akan disajikan dalam artikel. Bagian ini sering disebut sebagai jembatan atau penghubung, di mana antara leher dan isi akan di sambungkan pada bagian ini.

3. Isi atau Tubuh

Bagian ini merupakan bagian yang paling penting dalam sebuah artikel. Sebab, pada bagian inilah segala permasalahan akan dituangkan oleh penulis. Bagian isi atau tubuh berupa uraian eksplanasi, caranya dengan mengungkapkan permasalahan yang ingin dikaji atau dikupas lebih dalam.

4. Penutup

Bagian penutut pada artikel biasa disebut antiklimaks atau kaki. Bagian ini selalu diisi dengan kalimat inti atau kunci yang merangkum semua pembahasan pada artikel dalam bentuk kesimpulan yang ringkas dan jelas.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Hirarki Secara Sederhana

Contoh Gurindam Lengkap dengan Arti/Maknanya

Why You Should Follow SIHOKI